Tips Belanja Hemat untuk Seminggu ala Anak Rantau

Hidup diperantauan butuhkan tips belanja hemat untuk seminggu karena akan membuat diri terlunta lunta bila tidak dibarengi dengan manajemen keuangan yang baik dan benar. Tidak dapat dipungkiri bahwa merantau bukanlah hal yang mudah, akan tetapi hal tersebut bukan lah suatu hambatan untuk tidak berani hidup di perantauan, karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengakali hal tersebut.

Terutama buat yang merantau dan ngekos sendirian pasti pernah merasakan kelaparan dikarenakan stok makanan habis dan uang belanja semakin menipis. Maka dari itu dibutuhkan tips belanja hemat untuk seminggu khusus untuk anak rantau.
Berikut tips belanja hemat untuk seminggu yang wajib dipraktekkan :

1. Buat List belanjaan

Sebagai anak rantau, khusus nya anak kos harulah pandai-pandai dalam mengelola keuangan yang dimiliki apalagi uang yang diberikan tentunya terbatas. Maka dari itu hal yang pertama dilakukan ketika mendapatkan kiriman uang yakni membuat daftar belanjaan mingguan. Pertama list barang yang mendesak untuk diperadakan, dibutuhkan,penting, dan barang reward. Harus pandai-pandai dalam membedakan hal tersebut.

Nah barang yang mendesak untuk dibeli misalkan buku kuliah atau pun kepentingan pekerjaan, sedangkan barang-barang yang dibutuhkan dan penting seperti belanjaan peralatan mandi, peralatan makan, stok bahan makanan. Dan yang terakhir barang reward. Barang reward merupakan salah satu item tambahan buat menyemangati di perantauan, contohnya bila berprestasi ataupun berhasil menghemat maka berikan sedikit reward untuk diri sendiri supaya tidak jenuh dalam menjalan kan aktivitas di perantauan.

2. Buat daftar menu tiap hari

Salah satu tips belanja hemat untuk semingguan yakni dengan melist menu yang akan dikonsumsi setiap harinya, tentu cara ini sangat ampuh dan menghemat bila dilakukan. Misalkan senin menunya nasi goreng, omelette, telur balado. Dihari selasa nasi tahu tempe, malamnya bisa membeli bakso ataupun ikan. Rabu pagi roti, untuk makan malam bisa pecel lele.

Kamis bisa masak nasi untuk pagi-malam kemudian membeli lauk rumahan Rp.5000,00. Supaya tidak bosan makan nasi putih di hari jumat bisa diganti nasi kuning. Sabtu & minggu bisa menjadi hari reward dengan berbelanja makan llebih sehingga tidak bosan. Sebaiknya apabila hendak ke kosan baiknya membawa beras dari rumah sehingga uang bulanan bisa di estimasikan lebih ke hal-hal lainnya.

3. Hitung total pengeluaran setiap berbelanja

Setiap belanja minimal seminggu hitung pengeluaran supaya bisa lebih mudah dalam memanajemen keuangan yang dimiliki. Selain itu dari hitungan total bisa diketahui apa saja barang yang tidak penting yang telah di beli sehingga hal tersebut bisa dikoreksi kedepannya. Salah satu penyebab uang cepat habis dikarenakan kurangnya pengecekan hasil totalan belanjaan setiap minggunya sehingga uang terus mengalir dikeluarkan.

4. Membeli barang sachet

Nah salah satu cara menghemat lainnya yakni dengan membeli barang sachetan. Seperti sampo, pewangi pakainan, dan lain sebagainya. Dengan demikian diri akan tersugesti untuk berhati-hati menggunakannya karena takut celat habis. Harganya juga lebih terjangkau apalagi banyak promo menarik jika membeli banyak.

5. Menabung

Sebagai seorang yang merantau, terutama mahasiswa tentunya yang banyak hanyalah pengeluaran dan pemasukan sangatlah minim, maka dari itu harus pandai-pandai menanbung. Diawal bulan tentunya masih ada uang lebih yang dimiliki jadi ada baiknya di sisihkan untuk tabungan. Tabungan ini berguna sewaktu-waktu jika membutuhkan uang dan keuangan sedang dalam kondisi buruk jadi tidak perlu lagi kebingungan harus mendapatkan uang darimana.

6. Bekerja paruh waktu

Salah satu cara untuk mendapatkankan pendapatan bagi mahasiswa yakni dengan mencari pekerjaan paruh waktu. Seperti jadi guru bimbingan belajar, pelayan toko dan berbagai pekerjaan lainnya. Dengan bekerja paruh waktu tentunya uang jajan akan bertambah dan tidak membuat kantong kering karena terus mendapatkan pemasukan dari hasil kerja paruh waktu tersebut.

Nah itulah tadi beberapa tips cara hemat untuk seminggu ala anak rantau. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dalam mengelola keuangan selama di perantauan.