Inilah 5 Tips Hemat Anak Kost Agar Sejahtera Di Akhir Bulan

Tips hemat anak kost

Menjadi anak kost merupakan momen yang banyak menghadirkan cerita. Berbeda dengan saat tinggal bersama orang tua, tinggal di kost dituntut untuk selalu mandiri. Uang saku pun akan dijatah setiap bulannya. Maka dari itulah, setiap anak kost sebaiknya memahami tips hemat anak kost agar saat akhir bulan tidak hidup sengsara.

Sebenarnya saat uang saku habis sebelum akhir bulan, sah-sah saja untuk meminta lagi kepada orang tua. Namun, ada kalanya sebagian anak kost yang merasa tidak enak untuk meminta uang lagi. Bahkan, nantinya orang tua bisa khawatir dan menganggap tidak bisa hidup mandiri. Tidak ingin kan mengalami hal demikian? Yuk, cari tahu tips agar anak kost bisa hemat dalam ulasan lengkap di bawah ini.

1. Membuat Daftar Pengeluaran

Membuat daftar pengeluaran selama satu bulan merupakan salah satu tips hemat anak kost. Dengan membuat daftar pengeluaran, secara tidak langsung hal ini akan melatih kebiasaan dalam mengatur uang. Hal ini sangat penting untuk ke depannya saat sudah memasuki dunia kerja.

Untuk memulai tips ini, buatlah daftar pengeluaran mulai dari hal yang paling penting. Daftar pengeluaran ini tidak boleh lebih dari uang saku bulanan yang diberi orang tua. Kalau masih ada uang yang tersisa dari daftar, bisa ditabung atau digunakan untuk rekreasi.

2. Mencari Tempat Makan Murah

Sering kali uang bulanan habis bukan karena kebiasaan belanja yang hedon, namun karena kebiasaan makan dan nongkrong di tempat yang mahal. Kalau kebiasaan ini terus berlanjut, bisa dipastikan kehidupan anak kost di akhir bulan sangat sengsara.

Agar tidak mengalami hal seperti itu, sebaiknya belajar berhemat mulai awal bulan. Untuk makan, pilihlah tempat makan yang murah. Biasanya ada beberapa tempat makan yang memang khusus untuk mahasiswa. Jadi, harganya lumayan murah. Jika ingin nongkrong, pergilah ke warung kopi yang menjual kopi dengan harga terjangkau.

3. Mengumpulkan Uang Receh

Tips hemat anak kost lainnya yang bisa dicoba adalah mengumpulkan uang receh. Saat memiliki banyak uang, uang receh memang terkesan tidak berharga. Namun saat akhir bulan, uang receh ini merupakan sesuatu yang berharga.

Mengumpulkan uang receh ini bisa dilakukan layaknya menabung. Jadi, setiap mendapat kembalian uang receh, sisihkan untuk ditabung. Bayangkan, sampai akhir bulan uang receh akan terkumpul cukup banyak. Tabungan uang receh ini dapat digunakan saat keadaan kepepet karena uang habis. Cukup mudah kan untuk dicoba?

4. Jatah Uang Harian

Untuk uang saku sehari-hari, sebaiknya jatahlah agar hemat. Jadi, saat keluar kost untuk kuliah atau hal lainnya, bawalah uang sesuai dengan jatah harian. Dengan mencoba tips ini, keinginan untuk belanja hal yang kurang penting akan lebih minim. Mengapa demikian? Karena uang yang dibawa hanya cukup untuk hari itu saja.

5. Mengurangi Beli Air Minum Saat Keluar

Selain harus hemat, menjadi anak kost juga dituntut agar selalu pintar. Saat ada kegiatan di luar kost, jangan lupa untuk selalu membawa air minum dari kost. Coba bayangkan jika setiap keluar kost harus membeli air minum. Berapa banyak uang yang harus dikeluarkan? Lebih baik jika uangnya ditabung.

Karena hal itulah, sebaiknya bawalah tumbler sendiri saat keluar dari kost. Jika nantinya air minum habis, bisa diisi ulang secara gratis saat makan di warteg. Cukup mudah kan tips hemat ini?

Itulah beberapa tips hemat anak kost yang bisa dicoba agar tetap sejahtera saat akhir bulan. Cukup mudah kan? Yuk, belajar hidup hemat agar tidak terlalu merepotkan orang tua. Hidup hemat ini juga bisa menjadi bekal untuk ke depannya. Semoga bermanfaat!